Tag

, , , ,


Apakah yang anda ketahui tentang golongan darah?? Golongan darah adalah ciri khusus darah dari suatu individu karena adanya perbedaan jenis karbohidrat dan protein pada permukaan membran sel darah merah. Dua jenis penggolongan darah yang paling penting adalah penggolongan ABO dan Rhesus (faktor Rh). Di dunia ini sebenarnya dikenal sekitar 46 jenis antigen selain antigen ABO dan Rh, hanya saja lebih jarang dijumpai. Transfusi darah dari golongan yang tidak kompatibel dapat menyebabkan reaksi transfusi imunologis yang berakibat anemia hemolisis, gagal ginjal, syok, dan kematian.

Golongan darah manusia ditentukan berdasarkan jenis antigen dan antibodi yang terkandung dalam darahnya, sebagai berikut:

  • Individu dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah A-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah A-negatif atau O-negatif.
  • Individu dengan golongan darah B memiliki antigen B pada permukaan sel darah merahnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. Sehingga, orang dengan golongan darah B-negatif hanya dapat menerima darah dari orang dengan dolongan darah B-negatif atau O-negatif
  • Individu dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B. Sehingga, orang dengan golongan darah AB-positif dapat menerima darah dari orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut resipien universal. Namun, orang dengan golongan darah AB-positif tidak dapat mendonorkan darah kecuali pada sesama AB-positif.
  • Individu dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, tapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B. Sehingga, orang dengan golongan darah O-negatif dapat mendonorkan darahnya kepada orang dengan golongan darah ABO apapun dan disebut donor universal. Namun, orang dengan golongan darah O-negatif hanya dapat menerima darah dari sesama O-negatif.

Secara umum, golongan darah O adalah yang paling umum dijumpai di dunia, meskipun di beberapa negara seperti Swedia dan Norwegia, golongan darah A lebih dominan. Antigen A lebih umum dijumpai dibanding antigen B. Karena golongan darah AB memerlukan keberadaan dua antigen, A dan B, golongan darah ini adalah jenis yang paling jarang dijumpai di dunia.

ternyata golongan darah saya (AB+) hanya ada 3% di dunia…termasuk langka nih…hehehe….

Apakah golongan darah mengungkapkan kepribadian anda??

Menurut sebuah lembaga Jepang yang melakukan penelitian pada jenis darah,
ada kepribadian tertentu yang cocok dengan jenis darah tertentu. Bagaimana Menurut Anda?

Golongan O
Anda ingin menjadi pemimpin, dan ketika anda melihat sesuatu yang anda
inginkan, anda tetap berusaha sampai tujuan tercapai. Anda adalah
trend-setter, setia, bersemangat, dan percaya diri. Kelemahan anda adalah kesombongan dan rasa iri dan ada kecenderungan untuk selalu ingin bersaing.

Golongan A

Anda menyukai sebuah harmoni, keseimbangan, kedamaian dan keteraturan. Anda bekerja dengan baik dengan orang lain, peka, sabar dan kasih sayang. Kelemahan anda adalah sikap keras kepala dan ketidakmampuan untuk bersantai.

Golongan B
Anda adalah seseorang yang individualis, kasar, lugas dan suka untuk melakukan sesuatu dengan cara anda sendiri. Anda adalah seorang yang kreatif dan fleksibel, mudah beradaptasi dalam situasi apapun. Akan tetapi sikap anda yang independen kadang-kadang terlalu jauh dari kondisi ideal dan menjadi kelemahan anda.

Golongan AB

Anda adalah orang yang Cool dan terkendali. Anda umumnya disukai dan selalu menempatkan orang lain dengan santai. Anda adalah entertainer yang alamiah, bijaksana dan adil.  Kelemahan anda adalah angkuh, sering melakukan kesalahan bodoh, dan sulit mengambil keputusan.

Ternyata saya orang yang cool…hahaha…tetapi sering blunder…dan sulit membuat keputusan….wah.wah….bagaimana dengan anda??

Sumber : wikipedia dan artikel lain