Tag

, ,


Apakah arti harapan bagi kita??pertanyaan sepele yang apabila kita jawab tentu berbaris-baris bahkan mungkin butuh seharian bagi kita untuk menceritakan arti harapan bagi kita. Atau bahkan ada dari kita yang tidak tahu pentingnya sebuah harapan. Sangat gawat apa bila kita sudah tidak lagi mempunyai harapan, itu tandanya kita sudah waktunya…hehehe. Maksud saya apabila kita sudah tidak memiliki harapan tentu pilihan kita hanya segera mengakhiri kehidupan baik itu terjadi secara alamiah, ataupun dengan bunuh diri…Saya serius, karena harapan lah kita bisa sampai sejauh ini.

Ketika kita dilahirkan maka dari situ kita memulai harapan harapan kecil kita. Dari hanya sekedar harapan agar tidak kelaparan karena kurang ASI, sampai harapan agar ketika buang air ada yang mengganti popok kita. Mulai belajar berjalan harapan kita bertambah besar lagi, kita berharap agar segera bisa berjalan, walaupun itu harus dibayar dengan berkali-kali jatuh. Akan tetapi proses pembelajaran tersebut masih kita lakukan, karena harapan kita bahwa ketika sudah bisa berjalan, kita bisa melihat-lihat ke sekitar kita, berlari, dan semua itu indah dalam angan-angan kita.

Beranjak semakin dewasa dan memasuki masa sekolah harapan kita makin besar lagi, ingin menjadi yang terbaik, ingin berprestasi, ingin juara. Dengan harapan yang semakin besar juga tentu butuh pengorbanan yang semakin besar pula. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi kita karena dalam angan-angan kita bahwa apabila semua hal tersebut tercapai maka kebutuhan akan prestise, kebanggaan kita juga akan terpenuhi.

Memasuki masa kuliah kita mulai berfikir lebih dewasa dan lebih matang lagi. Hal tersebut tentu berdampak pada harapan yang ingin kita capai. Kita berharap agar dapat lulus kuliah tepat waktu dan ingin segera bekerja dan menyenangkan orang-orang disekitar kita. Demikian pula ketika kita memutuskan untuk menikah, ada yang kita harapkan dari orang yang kita cintai, ada harapan bahwa kebahagiaan akan kita tempuh bersamanya. Walaupun itu mungkin butuh perjuangan yang berat, akan tetapi kita pasti mampu melakukannya.  Segala hal kita lakukan untuk membahagiakan orang yang kita sayangi.

Ketika seorang anak terlahir dari buah cinta, sebuah harapan baru akan kita miliki. Harapan untuk melihatnya tumbuh dan berkembang menjadi seorang anak yang bisa kita banggakan. Harapan untuk membesarkannya dengan penuh kasih sayang. Demikian harapan itu tumbuh seiiring usia kita. Bahkan itulah alasan mengapa orang tua biasanya mempunyai hobi untuk menanam bunga atau memelihara hewan peliharaan, adalah agar ada yang diharapkan untuk tumbuh dan berkembang. Agar masih ada sebuah harapan yang dinantinya. Karena harapanlah semangat kita akan menjadi berlipat-lipat, kita menjadi kuat dalam menghadapi kehidupan.