Tag

, , ,


Kereta Api Vs Pesawat, mungkin agak aneh aja judul tulisan tersebut. Tapi buat saya ada beberapa hal yang menarik disitu. Ya setidaknya pelajaran bagi saya sendiri. kebetulan saya suka mengamati sesuatu disekeliling saya pada saat pergi kemanapun. Karena kata orang kita harus belajar dari lingkungan…hehehe.. Jadi ya mungkin dengan mengamati dinamika di dalam kereta api dan di dalam pesawat saya bisa mendapat sedikit pelajaran.

Sebelumnya setiap mudik saya selalu naik kereta api, karena kebetulan tiap minggu saya pulang ke jogja. Dari Jakarta saya biasa naik kereta bisnis yang berangkat dari stasiun senen. Suatu hal yang selalu saya dapati adalah adanya calo didepan stasiun, padatnya penumpang terutama untuk hari jum’at, sabtu. Dari dalam kereta suasana juga tak ubahnya seperti suasana tirakatan waktu 17 agustus di desa-desa, dimana penumpang yang duduk rapat saling bertukar cerita. Dari cerita politik praktis kelas gembel, sampai dengan masalah-masalh pribadi..he2…suatu yang tidak akan saya dapat ketika saya naik pesawat. Dengan waktu tempuh yang lebih cepat, lebih nyaman jadi penumpang satu dengan yang lainnya seperti robot yang duduk berjajar. Tidak ada rasa keakraban seperti layaknya di kereta api kelas bisnis..he2..

Satu lagi yang berbeda adalah penjaja makanan dari mulai nasi ayam 5ribuan, nasi pecel, pop mie dan kopi gelas 3ribuan. Hal tersebut masih ditambah dengan suasana tawar menawar khas pasar tradisional. Para penjual makanan menjajakan makanan tanpa ilmu marketing yang mengharuskan sapa,senyum,ramah yang semuanya adalah palsu. Mereka berjualan dengan apa adanya, senyum yang ada adalah senyum ketulusan dan kadang merekapun “mrengut” kalo dagangan tidak laku dan kondisi sudah sangat capek dimana kereta penuh dengan penumpang gelap. Hal yang kontras ketika saya naik pesawat, yang menjual makanan adalah para pramugari dengan senyum palsu karena tuntutan perusahaan. Tidak ada suasana tawar menawar lagi, sebotol minuman kaleng dihargai 2 kali lipat dari harganya.

Ya itulah beberapa hal yang mungkin tidak kita dapat dari pesawat terbang. Dengan tiket yang lebih murah kita bisa belajar banyak dari kehidupan. Semoga.